Macam Macam IC dan Pengertiannya


Apa Itu IC ?,, oke pada kesempatan kali ini kita akan Membahas tentang Apa itu Ic dan Penjelasan dan contoh IC, Jadi Siapkan Gelas kosong untuk Menampung Ilmunya sob.  

IC adalah Integreted Circuit, Teknologi dasar dalam dunia IC ada beberapa Macam IC yang digunakan yaitu IC digital ada dua, yaitu teknologi bipolar dan MOS (Metal Oxide Semiconductor). Teknologi bipolar menghasilkan transistor-transistor bipolar pada satu serpih dan teknologi MOS menghasilkan MOSFET. Teknologi bipolar lebih sesuai untuk produksi jenis SSI dan MSI yang lebih cepat operasinya dan teknologi MOS sesuai dengan jenis LSI sebab dengan teknologi ini jumlah MOSFET yang lebih besar dapat dikemas dalam ukuran serpih yang sama.

Suatu keluarga digital merupakan sekelompok piranti yang kompatibel dengan tingkat logika dan catu tegangan yang sama. Dimana kompatibel dapat diartikan sebagai kemampuan penyambungan secara langsung dengan piranti yang lain. Kompatibilitas ini memungkinkan berbagai kombinasi yang berbeda dalam jumlah besar.

Keluarga dasar IC bipolar terdiri dari:

1.    DTL (Diode-transistor logic) Logika diode-transistor,
2.    TTL (Transistor-transistor logic) Logika transistor-transistor, dan
3.    ECL (Emitter-coupled logic) Logika emiter tergandeng.

Desain keluarga bipolar yang pernah populer tetapi sekarang sudah tidak banyak digunakan adalah DTL. Keluarga IC digital bipolar yang masih populer sampai sekarang ini adalah TTL. TTL banyak digunakan dalam serpih SSI dan MSI. Sedangkan ECL lebih cocok untuk penerapan yang membutuhkan kecepatan tinggi.

Keluarga dalam IC MOS adalah:

1.    PMOS, MOSFET saluran-P,
2.    NMOS, MOSFET saluran-N, dan
3.    CMOS, MOSFET komplementer.

Tipe terlama dan paling lambat keluarga MOS adalah tipe PMOS. NMOS digunakan pada serpih LSI yang banyak diaplikasikan pada mikroprosessor dan memori. Jenis yang paling populer pada keluarga IC ini adalah CMOS. CMOS dipakai secara luas dalam sistem-sistem yang membutuhkan konsumsi daya rendah, seperti pada kalkulator, jam tangan dan lain-lain.




EmoticonEmoticon