Sistem Pendukung Keputusan Kelompok Pemilihan Mahasiswa Berprestasi di Universitas Muria Kudus


Pemilihan dan penetapan Mahasiswa berprestasi menjadi suatu proses yang lama dan rumit. Proses pemilihantersebut banyak terdapat peluang untuk membuat keputusan yang salah karena proses pemilihan mahasiswa berdasarkan  subyektifitas. Ini berarti kemungkinan besar bahwa mahasiswa berprestasi yang dipilih tidak mencapai standart yang diinginkan dan tidak memperoleh kandidat terbaik. Oleh karena itu dibuatlah suatu sistem pendukung keputusan yang dapat melakukan proses perhitungan terhadap seluruh kriteria untuk pemilihan mahasiswa berprestasi.  Sistem ini akan mengimplementasikan logika fuzzy ke dalam query, yang disebut Fuzzy Query Database. Artinya, suatu query yang memiliki variabelvariabel yang bernilai fuzzy. Masalah yang akan diselesaikan adalah proses pemilihan mahasiswa berprestasi. Mahasiswa yang akan direkomendasikan menjadi mahasiswa berprestasi memiliki kriteria-kriteria yang bernilai fuzzy. Sedangkan data yang ada pada database bernilai pasti. Kriteria-kriteria yang dibutuhkan antara lain nilai IPK, nilai TOEFL, kegiatan intra-ekstrakulikuler,Karya Tulis. Hasil dari sistem ini berupa daftar mahasiswa berprestasi yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Sistem ini dibuat dengan menggunakan database MySQL dan bahasa pemrograman PHP.
2.      Tujuan

1.      Menerapkan metode Fuzzy Query Database dalam membangun sistem pendukung keputusan pemilihan mahasiswa berprestasi.
2.      Mengubah Sistem yang masih manual menjadi sistem terkomputerisasi.
3.      Proses pengajuan beasiswa berprestasi lebih efektif dan efesien.

3.      Target Pengguna

a)      Sistem pendukung keputusan yang dibuat adalah sistem pendukung keputusan yang hanyamembantu memberikan alternatif mahasiswa berprestasi tingkat perguruan tinggi.
b)      Kriteria pemilihan pengambilan keputusan yangdigunakan merupakan hasil dari kebijakan yangtelah ditetapkan oleh Direktorat Jendera Pendidikan Tinggi-Departemen PendidikanNasional (DIKTI), yakni IPK, Karya Tulis,Kegiatan Intra-Ekstrakurikuler, KemampuanBahasa Inggris.

4.      Fungsionalitas

Manfaat yang dapat diharapkan sistem ini dapat membantu pihak perguruan yinggi di Universitas Muria Kudus untuk menentukan mahasiswa berprestasi yang  berhak menerima beasiswa dengan tepat sasaran.Dalam penentuan pemilihan mahasiswa berprestasi ini menggunakan metode fuzzy query. Sistem pemilihan mahasiswa berprestasi ini digambarkan melalui sebuah blok diagram sebagai berikut :


Data Input:
Nama,Jurusan,IPK,Toefl,Karya Tulis, Kegiatan Intra-Ekstrakulikuler

Data output:
hasil pemilihan mahasiswa berprestasi

Tentukan Fungsi Keanggotaan

Olah data dengan metode fuzzy query dan submit

Fuzzyfikasi (IPK,Toefl,Karya Tulis,Kegiatan Intra-ekstrakulikuler)
 




a)        Pengolahan Data
Data kriteria pemilihan mahasiswa ini di inputkan oleh seorang admin berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Dari kriteria ini akan dicari nilai pada masing-masing kriteria, kemudian dari nilai mu tersebut ditentukan nilai Fire Strenght. Nilai Fire Strenght inilah yang nantinya dicari nilai paling minimum, lalu dibandingkan dengan nilai minimum Fire Strenght kriteria yang lain. Setelah prosespembandingan itu, maka didapatkan solusi dari pemilihan mahasiswa berprestasi.
Desain Input:

b)        Penyajian Data.
Desain output:
Data yang tersimpan dalam MySql akan diolah lalu berupa tabel yang berisi tentang mahasiswa berprestasi serta informasi kriterianya.

  
5.      Tool Implementasi / Desain

a)      Form Menu Mahasiswa Berprestasia                                                                       

b)      Form finput data Mahasiswa berprestasi

c)      FormCetak Data mahasiswa berprestasi


6.      Teknik evaluasi
Nilai setiap aspek penilaian kinerja sistem juga mengalami peningkatan yang cukup banyak dibandingkan dengan sistem lama. Hal ini menunjukkan bahwa sistem pendukung keputusan pemilihan mahasiswa berprestasi ini memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi pengguna sistem.

7.      Kesimpulan
Kesimpulan dari rencana pengajuan sistem yang akan dibuat adalah:
1.      Sistem Pendukung Keputusan Kelompok Pemilihan Mahasiswa Berprestasi di Universitas Muria Kudus akan memudahkan pihak dari Universitas untuk menentukan mahasiswa yang masuk kriteria yang mendapatkan beasiswa. Hal tersebut akan membantu pihak Universitas untuk menetapkan kebijakan yang harus diambil untuk meningkatkan kualitas mahasiswa di Universitas Muria kudus.
2.      Kriteria Pemilihan mahasiswa ini melalui proses query yang dilakukan oleh seorang Admin. Hasil dari proses query ini ditampilkan berupa tabel yang berisi data mahasiswa dan kriteria yang lolos untuk menerima beasiswa.



Latest


EmoticonEmoticon